Minggu, 06 September 2015

Membuat animasi benda hancur di blender 3D

Blender 3D



       Membuat object hancur dengan Add-Ons/Cell Fracture di Blender 3D
Blender adalah plikasi grafis 3D yang dirilis sebagai perangkat lunak
bebas (open source) di bawah GNU General Public License. Blender
dapat digunakan untuk modeling, UV unwrapping, texturing, rigging,
water simulations, skinning, animating, rendering, particle, dan
simulations, non-linear editing, compositing, dan membuat interactive
3D applications, termasuk games.

DOWNLOAD Blender 3D di http://www.blenderindonesia.org

      Pertama buka aplikasi blender3D-nya lalu akan muncul tampilan awal kubus  seperti ini.

    












 Setelah itu buka File/User Preferences/ Add-Ons/ Tuliskan Cell Fracture  dikotak pencarian.


      












Jangan lupa centang ceklisnya lalu di save User Setting.

   jika sudah akan muncul tool baru pada Menu Tool dengan nama Cell Fracture, sebelum kita membuat object ini hancur kita seleksi terlebih dahulu object kubusnya lalu kita beralih ke Edit Mode atau dengan menekan tombol Tab pada keybord , selanjutnya kita perlu membuat kubus ini hancur mejadi beberapa bagian dengan menseleksi kubus  tekan tombol W terus klik Subdivide 4 kali, bisa saja menseleksinya lebih dari 4 , semakin banyak di Subdivide object semakin kecil object hancur.



.
   Selanjutnya seleksi object kubusnya dan buka Cell Fracture pada Menu Tool, lalu isi massanya pada kotak Mass : 100 dan centang Ceklis Next Layer terus tekan Ok. Tunggu proses Fracturenya selesai hanya beberapa  detik saja.




   Jika proses Fracture sudah selesai hapus object kubus di layer pertama karena kita hanya membutuhkan kubus yang di Layer ke 2 tekan tombol X, pilih Delete, seperti gambar dibawah ini.


   Setelah itu kita beralih ke Layer ke 2 dan kita seleksi semua Object Fracturenya dengan menekan tombol Z untuk masuk ke Mode WireFrame tekan B terus tarik mouse kalian untuk menseleksinya.





  Lalu kembali ke Object Mode dengan menekan tombol Z lagi, jika sudah kita akan menambahkan RigidBody agar Object kubus ini bisa jatuh kebawah, caranya tambahkan Physics Active pada menu tool Physics.




  Tambahkan Object Plane agar object kubus jatuh diatasnya jangan lupa tambahkan Physic ke object plane agar kubus tidak menembus plane ketika di Play, caranya sama dengan menambahkan Physics Active diatas Cuma bersebelahan saja.
   masuk ke Menu Tool/Physics/ Physics Passive perbesar  dan turunkan Planenya agak kebawah agar memberi jarak pada kubus .








   Jika semua proses sudah selesai selanjutnya tekan tombol Play dan lihat Object berhasil terbelah menjadi beberapa bagian seolah kubusnya hancur.






   Demikian tadi tutorial membuat object hancur dengan fitur “Add-Ons/Cell-Fracture” diblender 3D
Apabila ada kesalahan kata atau kurang lengkapnya dalam tutorial ini mohon dimaklumi karena saya juga masih belajar dan masih butuh kritik dan sarannya, dan jangan lupa terus pantengin blog saya untuk mendapatkan lebih banyak tutorial blender lainnya.


Maju terus animasi Indonesia



3 komentar: