Blender 3D
Membuat object hancur
dengan Add-Ons/Cell Fracture di Blender 3D
Blender adalah plikasi grafis 3D yang dirilis sebagai
perangkat lunak
bebas (open source) di bawah GNU General Public License.
Blender
dapat digunakan untuk modeling, UV unwrapping, texturing,
rigging,
water simulations, skinning, animating, rendering, particle,
dan
simulations, non-linear editing, compositing, dan membuat
interactive
3D applications, termasuk games.
DOWNLOAD Blender 3D di http://www.blenderindonesia.org
Pertama buka aplikasi blender3D-nya lalu
akan muncul tampilan awal kubus seperti
ini.
Setelah itu buka File/User Preferences/ Add-Ons/ Tuliskan Cell Fracture dikotak pencarian.
jika sudah akan muncul tool
baru pada Menu Tool dengan nama Cell Fracture, sebelum kita membuat object ini hancur kita
seleksi terlebih dahulu object kubusnya lalu kita beralih ke Edit
Mode atau
dengan menekan tombol Tab pada keybord , selanjutnya kita perlu membuat
kubus ini hancur mejadi beberapa bagian dengan menseleksi kubus tekan tombol W terus klik
Subdivide 4
kali, bisa saja menseleksinya lebih dari 4 , semakin banyak di Subdivide object semakin kecil
object hancur.
.
Selanjutnya seleksi object
kubusnya dan buka Cell Fracture pada Menu Tool, lalu isi massanya
pada kotak Mass : 100 dan centang Ceklis
Next Layer terus tekan Ok. Tunggu proses Fracturenya selesai
hanya beberapa detik saja.
Jika proses Fracture sudah
selesai hapus object kubus di layer pertama karena kita hanya membutuhkan kubus
yang di Layer ke 2 tekan tombol X, pilih Delete, seperti gambar dibawah ini.
Setelah itu kita beralih ke Layer ke 2 dan kita
seleksi semua Object Fracturenya dengan menekan tombol
Z untuk
masuk ke Mode WireFrame tekan B terus tarik mouse
kalian untuk menseleksinya.
Lalu kembali ke Object Mode dengan menekan
tombol Z
lagi, jika sudah kita akan menambahkan RigidBody agar Object kubus ini bisa
jatuh kebawah, caranya tambahkan Physics Active pada menu tool Physics.
Tambahkan Object Plane agar object kubus
jatuh diatasnya jangan lupa tambahkan Physic ke object plane agar kubus tidak
menembus plane ketika di Play, caranya sama dengan menambahkan Physics Active
diatas Cuma bersebelahan saja.
masuk ke Menu Tool/Physics/ Physics Passive perbesar dan turunkan Planenya agak kebawah agar
memberi jarak pada kubus .
Jika semua proses sudah selesai selanjutnya
tekan tombol Play dan lihat Object berhasil terbelah menjadi beberapa bagian
seolah kubusnya hancur.
Demikian tadi
tutorial membuat object hancur dengan fitur “Add-Ons/Cell-Fracture” diblender
3D
Apabila ada kesalahan kata atau kurang lengkapnya dalam
tutorial ini mohon dimaklumi karena saya juga masih belajar dan masih butuh
kritik dan sarannya, dan jangan lupa terus pantengin blog saya untuk mendapatkan lebih banyak tutorial blender lainnya.
“Maju terus animasi
Indonesia”
makasih untuk infonya kawan :)
BalasHapusApa itu harus kubus?, Kalo silinder bisa nggak?
BalasHapusterima kasihh
BalasHapus